Pesawat penumpang listrik masa depan industri penerbangan

Listrik tampaknya akan menjadi primadona sumber energi masa depan, saat mobil dan sepeda motor listrik baru mulai memasuki tahapan industri massal, industri aviasi tampaknya juga tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan listrik sebagai sumber energi alternatif dan masa depan.

Perusahaan aviasi yang berbasis di Israel, Eviation, telah melaksanakan pengujian mesin pesawat penumpang bertenaga listrik pertama di dunia pada pekan lalu. CEO Eviation, Omer Bar-Yohay, menyatakan bahwa pesawat yang diberi nama Alice tersebut beberapa minggu lagi akan segera melakukan penerbangan pertamanya.

Teknologi yang digunakan oleh pesawat listrik tersebut menggunakan teknologi baterai yang mirip dengan mobil listrik atau ponsel. Pengisian daya selama 30 menit akan membuat Alice mampu mengangkut sembilan penumpang dan terbang selama lebih kurang satu jam atau sekitar 440 mil laut.

Kecepatan jelajah Alice mencapai maksimal 287 mil perjam, sebagai perbandingan pesawat tipe Boeing 737 memiliki kecepatan jelajah sekitar 588 mil per jam. Eviation memiliki visi bahwa dalam waktu 7 hinga 10 tahun mendatang, pesawat listrik akan mampu membawa 20 – 40 penumpang.

Eviation sendiri telah mengembangkan tiga prototipe pesawat listrik, yaitu varian komuter, eksekutif, dan kargo. Versi komuter akan mampu mengangkut sembilan penumpang serta dua pilot ditambah 850 pon kargo. Sedangkan untuk versi eksekutif hanya akan menampung enam kursi penumpang untuk kenyamanan. Ruangan kargo dengan volume sekitar 450 kaki kubik disiapkan untuk tipe pesawat kargo.

Di sisi lain, September 2021 lalu NASA telah mengeluarkan dana sekitar US$253 juta pada GE Aviation dan magniX untuk mengembangkan teknologi serupa dan diharapkan untuk dapat diimplementasikan pada armada AS pada tahun 2035. Pabrikan pesawat Boeing juga menggelontorkan dana US$450 juta pada Wisk Aero untuk mulai membangun pesawat penumpang bertenaga listrik.

Pun demikian, para pakar berpendapat bahwa tantangan terbesar dalam membawa pesawat penumpang bertenaga listrik ada pada teknologi bateri. CEO Aero Consulting Expert, Ross Aimer, menduga bahwa teknologi baterai yang lebih baik akan datang sekitar dua atau tiga tahun lagi, dan pada saat itulah pesawat listrik akan datang.

Layak ditunggu hasil uji terbang pertama dari pesawat penumpang bertenaga listrik tersebut, apakah akan segera menyusul mobil dan sepeda motor listrik?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *